PERBEDAAN PENGARUH DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG REMAJA WILAYAH PESISIR DAN DARATAN

Penulis

  • Suharni Suharni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • M. Berri Ridhoka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Nurtanny Nurtanny Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Roni Ardian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Ana Verena Puspa Rini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Abul Haitsam Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Haryati Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Nurul Indah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang
  • Ernawati Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang

DOI:

https://doi.org/10.61129/jkhg.v8i1.113

Kata Kunci:

Demonstration, knowledge, attitude, behavior, belanced nutrition

Abstrak

Malnutrition in adolescents can slow growth, delay puberty in adolescents. Good balanced nutritional knowledge, attitudes and behaviors can prevent nutritional problems that have an impact on adulthood. One of the methods used to increase knowledge is counseling on balanced nutrition demonstrations according to the contents of my plate. This study aims to determine the influence of balanced nutrition demonstration counseling on the knowledge and attitudes of balanced nutrition behavior of adolescents in coastal and terrestrial areas. The research design uses the One Group Pretest-Posttest Design approach. The number of samples was 104 from the Coast and Mainland, selected by simple random sampling. Analysis of Wilcoxon test data. Data were collected using questionnaires of knowledge, attitudes, and behaviors before and after the demonstration of balanced nutrition. The results of the statistical test showed that there was a significant influence of demonstration on knowledge and behavior on balanced nutrition in Coastal and Inland Areas (P<0.01 and P<0.01). However, there was no effect of demonstration on balanced nutrition attitudes in Coastal and Inland Areas (P>0.154 and P>0.17). It can be concluded that there is an influence of demonstration on knowledge and behavior on balanced nutrition and no influence of demonstration on the attitude of balanced nutrition.

 

Kurang gizi pada remaja dapat memperlambat pertumbuhan, menunda pubertas pada remaja. Pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang yang baik dapat mencegah masalah gizi yang berdampak pada masa dewasa. Salah satu metode yang digunakan untuk peningkatan pengetahuan dengan penyuluhan demonstrasi gizi seimbang sesuai isi piringku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan demonstrasi gizi seimbang terhadap pengetahuan, sikap perilaku gizi seimbang remaja wilayah Pesisir dan Daratan. Desain penelitian menggunakan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Jumlah sampel 104 dari Pesisir dan Daratan, dipilih secara simple random sampling. Analisis data uji Wilcoxon. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap, perilaku sebelum dan sesudah demonstrasi gizi seimbang. Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh signifikan demonstarsi terhadap pengetahuan dan perilaku terhadap gizi seimbang Wilayah Pesisir dan Daratan (P<0.01 dan P<0.01). Namun, tidak ada pengaruh demonstrasi terhadap sikap gizi seimbang Wilayah Pesisir dan Daratan (P>0.154 dan P>0.17). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh demonstrasi terhadap pengetahuan dan perilaku terhadap gizi seimbang dan tidak ada pengaruh demonstrasi terhadap sikap Gizi Seimbang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Suharni, S., Berri Ridhoka, M., Nurtanny, N., Ardian, R., Verena Puspa Rini, A., Haitsam, A., Astuti, H., Indah Sari, N., & Ernawati, E. (2025). PERBEDAAN PENGARUH DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU GIZI SEIMBANG REMAJA WILAYAH PESISIR DAN DARATAN. Jurnal Kesehatan Husada Gemilang, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.61129/jkhg.v8i1.113

Terbitan

Bagian

##section.default.title##

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>